Entri Populer

Jumat, 08 Juli 2011

Aku dan Kontras


Setiap sekolah pasti punya ekstra kurikuler. Begitu juga sekolahku. Di sekolahku banyak banget ekstra, ya sekitar 30 lebih. Dengan banyaknya ekstra, seluruh siswa nggak perlu pusing-pusing lagi mikirin buat nyalurin bakatnya.
Ekstra yang aku ikutin ada 3, itu udah termasuk ekstra wajib. Sekarang aku mau menceritakan pengalaman ku di salah satu ekstra yang kebetulan aku suka banget. Teater!!! Ekstra yang bener-bener pengen aku ikutin dari SMP. Dan sekarang itu semua terwujud!
Nama teater di sekolahku adalah KONTRAS. Kontras singkatan dari Komunitas Teater Smansa Singaraja. Kontras melakukan kegiatannya setiap hari Sabtu sore pukul 03.00 WITA. Biasanya kami latihan di aula satu, TRRC atau di koridor lantai dua, tapi paling sering bermarkas di TRRC.
Untuk menjadi anggota Kontras tidak susah kok. Beneran. Pertama kita latihan biasa bersama kakak-kakak dan teman-teman yang lain. Pendekatan gitu. Langsung semua anggota di lantik. Pelantikannya seru banget. Kami di suru menggunakan seragam aneh-aneh, lalu jalan dari SMANSA sampai Pantai Penimbangan. Seru banget. Saat itu aku di suruh jadi Cewek Pantai dan nama kontrasku “Ronggeng Jawa”.
Setiap memulai latihan, kami selalu berdoa bersama. Bukan sekadar berdoa aja lo, kami berdoa sambil memegang tangan satu sama lain dalam sebuah lingkaran. Dengan demikian, rasa persaudaraan kami menjadi lebih erat. Setelah itu,kami meneriakkan “SALAM BUDAYA” yang merupakan salam teater. Seneng banget deh bisa kaya gitu. Jadi tambah semangat!!
Kontras banyak banget punya prestasi loh, walaupun umurnya masih terbilang muda. Prestasi tersebut antara lain:
J  Juara II Pembuatan Film Pendek tk Nasional
J  Juara I Pembuatan Film Pendek yang diadakan Undiksha
J  Juara III Pementasan Terbaik dalam ETEC
J  Juara III Pemeran Wanita Terbaik dalam ETEC
J  Juara III Sutradara Terbaik dalam ETEC
J  Pemain Pembantu Terbaik dalam FESTE
J  Sutradara Terbaik dalam FESTE
Banyak banget kan??? Gimana aku nggak bangga memiliki Kontras, ya walaupun aku belum sama sekali nyumbang prestasi!

Banyak banget aku ngalamin hal-hal menarik bersama Kontras, salah satunya saat persiapan Ulang Tahun Kontras yang pertama. Kami latihan keras mempersiapkan itu semua. Aku waktu itu jadi wakil Ketua Panitia dan Seksi Dekorasi. Hal yang paling sulit yang aku temui adalah ketika mencari Kurungan ayam. Ya, saat itu kami menampilkan drama yang berjudul “Kurungan”. Dan akhirnya dapet juga kurungannya. Masalah belum selesei ampe situ. Ternyata, kurungannya banyak banget bekas kotoran ayamnya. Ya udah deh, aku bawa ke kost dan aku cuci. Kurungannya juga menjadi bahan mainan temen-temen di kelas dan aku diketawain bawa kurungan ke sekolah. Ya peduli amat. Pede aja lagi!! Hari ulang tahun tiba, acaranya berlangsung lancar, dan di akhir acara, kami semua romon-romonan makan tumpeng nasi kuning. Suatu kenangan indah yang tidak pernah aku lupakan!!
Hingga hari ini, aku ngerasa Kontras adalah bagian dari  jiwaku. Disana aku banyak banget terinspirasi untuk menjadi disiplin. Ya, teater itu disiplin!!!. Aku berusaha untuk on time dalam mengerjakan tugas-tugas di Kontras, ya walaupun kadang aku sangat payah dan kurang tegas dalam mengambil keputusan. Tapi aku tetep semangat untuk berlatih. Aku lebih suka bekerja di belakang layar, karena tantangannya lebih besar dan sapa tahu aku bisa jadi kru pembuatan film nanti.
Banyak banget temen-temen di kontras yang menginspirasi aku, yaitu:
J  Kak Trisna dan Kak Intan, mereka adalah ketua Kontras. Kak Trisna angkatan kedua dan Kak Intan angktan perdana. Mereka bener-bener bagus and loyal banget ma Kontras dan itu yang aku kagumi dari mereka.
J  Kak Radina, kakak yang satu ini multitalenta. Jadi sutradara oke, main oke, nulis naskah iya. Aku bangga bisa kenal ma kak Na. Terkadang otakku tergelitik bisa kaya kak Na. Bisa ngggak ya???
J  Kak Martana, emang sih kalau mau tampil pasti grogi sendiri, tapi pas di panggung all out banget. Ini baru yang namanya seniman!!
J  Kak Rambo dan Linda, mereka pernah jadi sutradara. Mereka sangat tegas. Aku suka banget ketegasan mereka!
J  Seluruh anggota Kontras! Tentu mereka semua menginspirasi aku. Mereka ngajarin aku kekompakan, kebersamaan dan memberikan aku keluarga baru. Aku sayang kalian semua!! :*

Nah itulah tadi tentang aku dan Kontras. Aku bangga bisa jadi bagian dari Kontras. Kontras,,, GITU AJA!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar