Entri Populer

Rabu, 14 Mei 2014

Aku dan Astronomi

 Kadang, dalam kehidupan kita sering bertanya-tanya, mengapa air mengalir? Mengapa langit biru? Mengapa bumi ini berputar?  Lalu, ketika kita sudah menginjak bangku menengah kita mulai berfikir,  Mengapa kita harus mempelajari hal-hal seperti mengukur kecepatan  , mengukur reaksi-reaksi kimia, logaritma, trigonometri atau mengetahui susunan batuan? Pertanyaan itu juga yang aku tanyakan, ketika aku berhadapan dengan satu materi yang bernama “ASTRONOMI”.
Astronomi merupakan ilmu yang mempelajari perbintangan. Di dalamnya kita bisa mempelajari tentang letak-letak bintang, bahan penyusun bintang, gerak bintang, cahaya bintang dan evolusi bintang tersebut. Ketika aku tahu bahwa ilmu astronomi mempelajari demikian, aku mulai berfikir,  “mengapa kita mempelajari hal itu? Bintangkan jauh banget. Mana bisa kita mengetahui komposisi bintang? Lalu darimana kita tahu tentang gerak bintang?” menurutku itu semua hanya hayalan belaka.
Tapi ketika aku mulai mendalami ilmu ini, aku sangat antusias. Aku baru mengetahui bahwa matahari itu juga sebuah  bintang. Jadi matahari tidak sendirian. Bahkan ada bintang yang ukurannya lebih besar, bahkan sangat besar daripada matahari! Wow, alam ini benar-benar istimewa. Bintang-bintang itu menyebar di seluruh jagat raya. Bintang-bintang juga membentuk kelompok-kelompok yang bernama “GUGUS BINTANG”. Selain gugus, ada kelompok yang lebih besar lagi yaitu “GALAKSI”. Galaksi menyimpan banyak sekali bintang-bintang baik itu bintang individu atau gugus bintang.
Dalam astronomi, kita bagaikan diajak untuk berwisata mengelilingi jagat raya. Pikiran kita seolah-olah diantarkan berkunjung ke galaksi satu ke galaksi lainnya, kesistem tata surya satu ke system tata surya lainnya, serta bintang satu ke bintang lainnya. Informasi tentang keberadaan benda-benda lain di alam semesta dapat diketahui melalui sumber terpercaya yang bernama “cahaya”. Cahaya menyimpan berbagai gelombang informasi dari benda lain tersebut. Dari sinilah, kita dapat menganalisis karakteristik benda lain tersebut, baik itu jarak, temperature, massa,kecepatan dan lain sebagainya.
Astronomi bukan hanya mempelajari tentang bintang saja juga mempelajari tentang letak-letak bintang dalam bola langit. Dengan mempelajari letak bintang dalam bola langit, kita dapat mengetahui peredaran matahari, musim, bahkan kapan waktu untuk panen.
Nah, setelah aku tahu semua hal yang dipelajari di astronomi, aku mulai tertarik dan bersemangat. Banyak manfaat dengan mempelajari astronomi. Jadi jangan pernah takut untuk belajar ilmu ini!


Nb: ini adalah tulisan saya dalam blog saya yang telah usang. saya menulis ini ketika saya masih SMA. semoga dapat memotivasi :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar